Minggu, 02 Juli 2017

MENGENAL KHASIAT DARI MINYAK ZAITUN



MINYAK ZAITUN

  • Definisi Minyak zaitun
Minyak zaitun atau minyak olive (dalam bahasa inggris: Olive Oil) adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional berasal dari basin Mediterania. 

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, sabun dan sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangan banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Minyak zaitun mengandung vitamin E, dan Asam lemak essensial. Lemak ini terdiri dari omega3 dan omega 6.
  • ·         Jenis-jenis Minyak Zaitun
Minyak zaitun terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamanya. Untuk jenis pertama yaitu ekstrak virgin. Minyak zaitun ekstrak virgin ini hanya melewati satu proses perasan saja dan tingkat keasamannya hanya 1 persen. Lalu yang kedua yaitu zaitun virgin, zaitun virgin ini memiliki kadar keasaman sedikit lebih tinggi dari zaitun ekstra virgin yaitu sekitar 3 persen. Dan yang terakhir yaitu jenis minyak zaitun fino, zaitun fino ini merupakan perpaduan antara ekstrak virgin dan virgin.
  • ·         10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi kesehatan

1.    Dapat Memelihara kesehatan Jantung
2.    Mencegah terjadinya Gejala Kanker
3.    Menurunkan kolesterol yang tinggi
4.    Menangkal Radikal Bebas
5.    Mengurangi peradangan sendi
6.    Mengurangi resiko penyumbatan dan penebalan pembuluh darah
7.    Menghilangkan Penyakit Artritis
8.    Dapat menghilangkan kutu pada kepala
9.    Mencegah terjadinya infeksi jamur
10.  Mencegah dan mengurangi resiko penyakit Diabetes.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....