Rabu, 21 Juni 2017

PERANGKAT LUNAK APLIKASI


  Perangkat lunak aplikasi berfungsi memecahkan masalah/pekerjaan yang bersifat khusus. Perangkat lunak program aplikasi Office buatan Microsoft digunakan untuk melakukan pekerjaan perkantoran seperti mengolah kata, mengolah angka, membuat presentasi, mengolah database dan mengolah angka. Program aplikasi yang lain seperti CorelDraw dan Adobe Photoshop digunakan untuk membuat gambar dan desain gambar.
Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi:

a)    Word Processor


 Word processor, adalah aplikasi yang dipakai untuk keperluan pengolahan kata atau pembuatan dokumen, misalnya membuat surat, buku, laporan, skripsi, karya tulis dan sebagainya. Software pengolah kata dibagi menjadi dua yaitu berbasis teks dan grafis. Saat ini software aplikasi berbasis teks sudah mulai ditinggalkan karena dianggap usang atau kurang menarik. Contoh program aplikasi pengolah kata adalah Word Star, Word Perfect, Ami Pro, Open-Office Writer, dan pengolah kata yang sering digunakan yaitu Microsoft Word.

b)     Spreadsheet


 Spreadsheet, adalah aplikasi yang khusus digunakan dalam melakukan perhitungan dalam lembar hitung, misalnya tabel, pembukuan keuangan, daftar nilai, daftar pekerjaan, dan sebagainya yang menggunakan banyak tabel dan lembar hitung sekaligus. Contoh yang popular adalah Lotus 123, Quatro Pro, Open Office Calc, dan Microsoft Exel.

c)    Presentation

 Presentation, sesuai dengan namanya adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat slide presentasi. Program aplikasi yang dirancang untuk membuat presentasi banyak ragamnya, diantaranya adalah Microsoft Power Point, Storyboard, Macromedia Flash, dan Open Office Impress. Program ini digunakan untuk membuat slide beserta animasinya yang digunakan untuk keperluan presentasi dan dengan Program aplikasi ini kita dapat membuat slide untuk keperluan seminar, pelatihan, mengajar, menawarkan barang/produk dan jasa, menjelaskan konsep atau ide kepada orang lain dengan lebih mudah dan jelas dan juga biasanya ditambahkan layar lebar atau proyektor.

d)    Database  


 Database, sesuai dengan namanya adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat basis data yang terpadu. Biasanya untuk membuat data perusahaan, data karyawan, data mahasiswa, data perpustakaan atau data penjualan. Contoh yang cukup dikenal adalah Clipper, dBase, Fox Base, Foxpro, Open Office Base, dan Microsoft Acces.

e)    Desktop Publishing

 Desktop Publishing, adalah aplikasi yang khusus digunakan untuk keperluan publikasi. Misalnya, mencetak surat kabar, buku, brosur, leaflet, kartu nama, majalah, dan sebagainya. Software ini terbagi menjadi dua bagian, yakni software desain garfish yang berbasis vector (gambar yang tersusun dari garis-garis sehingga gambarnya tetap bagus ketika diperbesar) seperti CorelDraw dan berbasis bitmap (gambar yang tersusun dari titik atau pixel sehingga ketika gambar diperbesar akan tampak kasar) seperti Adobe PhotoShop. Contoh Software lain yang terkenal adalah Adobe Page-Maker, Ventura Publisher, dan Microsoft Publisher.

f)     Multimedia


 Multimedia, adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui komputer, PDA, handphone, dan peralatan teknologi informasi lainnya seperti Winamp, VLC Media Player, Real Player, dan Media Player.

g)    Internet


Internet adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari informasi dan komunikasi melalui jaringan internet. Aplikasi yang digunakan adalah web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, dan Opera. Selain itu, ada pula aplikasi yang digunakan untuk melakukan chatting seperti mlRC, GoogleTalk, dan Yahoo Messenger. Untuk menggunakan salah satu aplikasi internet, komputer harus sudah terhubung dengan jaringan internet. Untuk menghubungkan dengan internet, harus dilengkapi dengan perangkat lainya yaitu Modem.

h)    CAD (Computer Aid Design)

Adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan. Contohnya AutoCAD. Pada pengoprasian program ini, selain dibutuhkan orang yang mengerti menggunakan CAD, juga dibutuhkan pengetahuan tentang teknik bangunan ataupun teknik mesin. Software ini biasanya digunakan oleh para arsitek, drafter, siswa sekolah kejuruan teknik sipil atau mesin, dan mahasiswa jurusan teknik.

Sumber Gambar 

- https://bagusholic.wordpress.com/
- https://greenlight.blogspot.com/
- https://prashtipertiwi.wordpress.com/
- https://kkpismkgondang.wordpress.com/
- https://wiwittriyadi.wordpress.com/
- https://internet-explorer-9.soft32.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....