Rabu, 07 Juni 2017

TEATER KHAS DAERAH JAWA BARAT DAN BETAWI



-         MENGENAL SENI TEATER DARI JAWA BARAT 

  Jawa barat  merupakan salah satu wilayah yang subur dengan berbagai kesenian dan pertunjukan. Teater daerah atau tradisional jawa barat dipentaskan sebagai hiburan pelepas lelah, berikut ini adalah contoh dari teater khas jawa barat :

a)     Ogel
Ogel adalah lawakan santai tentang kehidupan manusia. Iringan musik kendang, terompet, dan angklung mengiringi pertunjukan ini. Teater rakyat jawa barat rata-rata dipentaskan sebagai hiburan pelepas lelah setelah seharian penat menjalankan tugas. Ogel diperagakan oleh rakyat daerah setempat. Bentuknya berupa lawakan santai yang menyegerakan tentang kehidupan manusia.

b)    Longser
Longser adalah kelompok teater tradisional yang tumbuh dan berkembang di Conggang, Sumedang. Isinya juga berceri tentang kehidupan manusia. Longser memiliki unsur tari, pencak silat, dan lawakan. Pengiring longser adalah musik gamelan.

c)     Banjet
Banjet merupakan teater tradisional yang sering dipentaskan di daerah Cikampek dan Karawang. Bentuk dan isi ceritanya hamper sama dengan longser. Musik pengiringnya berasal dari kendang, rebab, kecrek, dan kromong.

d)    Topeng Cirebon
Topeng Cirebon adalah teater tradisional yang dalam pementasannya para pemain menggunakan topeng dan pengungkapan isi ceritanya lewat seorang dalang. Pemain cukup memperagakan gerak seperti halnya drama tari. Topeng Cirebon ini mirip dengan wayang golek. Cerita yang dipentaskan adalah cerita Menak, Ramayana, dan Mahabarata.

-         MENGENAL TEATER TRADISI DARI BETAWI



  Betawi juga mempunyai banyaknya kesenian yang masih bertahan sampai sekarang termasuk di dalamnya adalah teater tradisional daerah setempatnya. Diantara teater tradisional yang masih ada dan dilestarikan adalah sebagai berikut :

a)     Lenong

Lenong merupakan seni teater tradisional Betawi sampai saat ini masih ada. Lenong Betawi biasa mengambil cerita kisah seribu satu malam, jagoan-jagoan Betawi (Si Pitung, Si jampang; dan lain-lain), dongeng rakyat, dan sebagainya. Musik pengiringnya menggunakan gambang kromong yaitu alat musik khas betawi.


b)    Topeng Betawi

Topeng betawi dalam bahasa betawi berarti pertunjukan. Teater rakyat ini dimainkan di tengah kerumunan berbaur dengan penonton. Pertunjukan diawali  dengan bunyi-bunyian orkes untuk menarik penonton. Lalu dibuka dengan topeng kedok yang dimainkan oleh satu atau dua orang wanita. Pertunjukan dilanjutkan dengan kembang topeng betawi dan bodor(lawak) yang dimainkan oleh primadona lawak. Inti pertunjukan baru dimainkan ditengah malam, berupa cerita kepahlawanan tokoh betawi dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....