Minggu, 18 Juni 2017

ANEKA JENIS DAN KHASIAT KURMA

  • PENGERTIAN KURMA
Dalam bahasa Arab disebut  تمر‎, Tamr;  dan nama latin disebut Phoenix dactylifera. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Ukuran pohonnya sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal.
Definisi Kurma lainnya di jelaskan dalam Qur'an surah Ar Ra'du ayat 4, Allah SWT Berfirman :
وَفِي اْلأَرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي اْلأُكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ
Artinya :  
Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir." (QS. Ar-Ra'du: 4)
  • SEJARAH POHON KURMA
Kurma telah menjadi makanan Pokok Timur Tengah selama ribuan tahun yang lalu. Pohon kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke Prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal tahun 4000 SM. Pada zaman Selanjutnya Orang Arab Melestarikan disekitar Selatan dan Barat daya Asia dan sekaligus di kawasan Amerika seperti brasil dan sebagainya.
  • JENIS-JENIS KURMA

a) Kurma Ajwa
Banyak yang menyebut kurma ini sebagai kurma nabi. Mempunyai warna hitam gelap, kurma yang tumbuh di kota Madinah ini bertekstur lembut dengan cita rasa tidak terlalu manis dan menyerupai kismis.
b) Kurma Khidri
Kurma yang satu ini sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond, dan sebagainya. Berwarna merah tua, tekstur kurma ini kering dan kenyal.
c) Kurma Mozafati
Sebagaian besar tumbuh di provinsi kerman, Iran. Kurma ini sering disebut kurma bam. Warnanya yang gelap dan ukurannya sedang memikat. Kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan dagingnya yang lembut.
d) Kurma Thoory
Sering pula disebut thuri. Buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di aljazair. Buah kurma Thoory ini biasanya kering dan warna cokelat kemerahan. Daging buahnya agak keras dan rasanya manis serta terdapat sentuhan rasa kacang.
e) Kurma Amer Hajj
Kurma yang disebut amer hajj ini merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Memiliki daging yang tebal dan bertekstur lembut dengan kulit tipis.
f) Kurma Zaghloul
Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang menyerupai melinjo.
g) Kurma Sekkeri
Meskipun kurma ini berwarna cokelat gelap, kurma sekkeri memiliki daging yang begitu lembut dan cita rasa yang Khas.
h) Kurma Kalmi
Berasal dari Omankurma Kalmi adalah varian dari kurma hitamUkurannya biasanya kecil dan berbentuk silinderKaya akan potassium Dan membantu mencegah penyakit seperti diare.
i) Kurma Deglet Nour
Kurma Deglet Nour berwarna kemerahan hingga kekuninganrasanya halus meski tidak semanis dan selembab kurma MedjoolDeglet Nour adalah kurma yang paling banyak ditanam di Afrika UtaraDisebut Deglet Nour (kurma cahayakarena tembus cahayaBiji dalam daging buah bisa terlihat saat kurma ini didekatkan ke cahaya.
j) Kurma Barhi
Ukurannya besarkulitnya tipisdan berbentuk bulatKurma Barhi yang matang dagingnya sangat lembut dan meleleh di mulut jika dimakanNamanya berasal dari nama angin panas Arab yang disebut “Barh”.
  • MANFAAT KURMA DALAM BIDANG PENGOBATAN.
  1. Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi dan secara medis digunakan sebagai detergen dan Astringent pada usus yang bermasalah
  2. Digunakan sebagai obat sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema brokinal dan meringankan demam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....