Selasa, 20 Juni 2017

PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM OPERASI



1.      PERANGKAT LUNAK SISTEM

Perangkat lunak sistem/operating system (OS) Adalah perangkat utama yang mengatur seluruh sumber daya komputer, hardware, dan menentukan pelaksanaan program komputer untuk bekerja. Beberapa jenis yang OS yang cukup dikenal adalah IBM-DOS (IBM Disk Operating System), MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), UNIX, XENIX, LINUX, Sun Microsystem, dan Microsoft Windows. Interaksi antara pengguna dan komputer dapat melalui dua cara, yakni CUI (Character User Interface) adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah, dan GUI (Graphical User Interace) adalah pemberian instruksi dengan cara menunjuk (point) pada tampilan.

a)    DOS (Disk Operating System)

DOS adalah sistem operasi yang termasuk CUI (Character User Interface). Artinya sistem operasi DOS berkomunikasi dengan pengguna komputer dengan karakter-karakter teks. Microsoft DOS dibuat pada tahun 1981 oleh Microsoft untuk pertama kalinya. MS-DOS dibuat untuk digunakan sebagai sistem operasi di komputer IBM-PC. Kerjasama antara Microsoft dan IBM tersebut membuat Microsoft DOS diterima sebagai sistem operasi standar untuk computer PC (Personal Computer).

b)    Windows

Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi yang mempunyai tampilan grafis. Windows dikeluarkan oleh Microsoft Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Sejak awal munculnya Windows tahun 1985, program ini telah mengalami perkembangan. Berikut sejarah perkembangan sistem operasi Windows.

-       Windows 1.0 (20 November 1985)
-       Windows 2.0 (9 December 1987)
-       Windows 3.0 (22 Mei 1990)
-       Windows 3.1 (6 April 1992)
-       Windows 95 (24 Agustus 1995)
-       Windows 98 (25 Juni 1998)
-       Windows 2000 (17 Februari 2000)
-       Windows XP (25 Oktober 2001)
-       Windows Vista untuk bisnis (30 November 2006)
-       Windows Vista untuk rumahan (30 Januari 2007)
-       Windows 7 (22 Oktober 2009)

c)    Unix

Sistem operasi Unix banyak digunakan pada komputer besar seperti superkomputer atau mainframe. Superkomputer adalah komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan besar. Superkomputer digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti bank, Badan Pertahanan Amerika, Perusahaan-perusahaan pembuat pesawat terbang, dan lain-lain.
Unix dikembangkan di akhir tahun 60-an oleh sebuah grup yang dipimpin oleh Ken Thompson dan Laboratorium AT&T. Pada awalnya sistem operasi ini dibagikan secara gratis untuk pengembangan ke berbagai perguruan tinggi dan setelah banyak dipergunakan oleh dunia industry, sistem operasi ini kemudian dipatenkan dan diperdagangkan.
Unix merupakan sistem operasi yang andal untuk digunakan di jaringan komputer. Unix termasuk sistem operasi yang mahal dan penggunaanya masih terbatas.

d)    Linux

Sistem operasi Linux dikembangkan oleh seorang berkebangsaan Finlandia yang bernama Linus Benedict Torvalds. Linux dikembangkan dari sistem operasi Unix. Linux dapat dijalankan di PC. Linux merupakan sistem operasi open source. Ini berarti siapa saja dapat mendistribusikan dan mengembangkan Linux.
Server Linux biasanya dapat dioperasikan selama ratusan hari tanpa henti. Selain itu, Linux merupakan sistem operasi yang murah dan dapat digunakan untuk banyak komputer sekaligus tanpa harus terikat aturan lisensi. Berikut ini contoh beberapa Distro Linux (singkatan dari Distribusi Linux): Ubuntu, Red Hat Linux, Linux Mint, CentOS, Debian, Fedora, Mandriva, PCLinuxOS, Knoppix, dan OpenSUSE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....