Senin, 05 Juni 2017

KANDUNGAN KIMIA DAN KHASIAT DARI CABAI JAWA

MENGENAL KHASIAT DARI CABAI JAWA


Cabai jawa atau disebut dalam nama latin  Piper retrofractum Vahl dan termasuk dalam famili Piperaceae. Jenis cabai ini cocok ditanam pada tanah yang lembab dan porus (banyak mengandung pasir). Tanaman ini tumbuh di ketinggian 0-600 m dpl dan berkembang biak melalui stek atau biji.

Nama-nama di berbagai daerah dikenal dengan Lada panjang, cabai panjang (Sumatera), Cabe jamu, Cabe sula (jawa), Cabi jamo, Cabi ongu dan Cabi solah (Madura)

Cabe jawa mempunyai habitat di semak, menjalar, mempunyai panjang 12 m. memiliki batang bulat, berkayu, membelit, beruas, dan warnanya hijau. Memiliki daun tunggal, berbentuk lonjong, permukaan atas licin, permukaan bawah berbintik, panjangnya 8,5-20 cm, lebarnya 3-7 cm dan berwarna hijau. Bunga majemuk, berbentuk bulir, tangkainya panjang memiliki ukuran 0,5-2 cm, benang sari 2-3, berukuran pendek, berwarna kuning, jumlah putiknya 2-3 buah, memiliki warna hijau kekuningan. Buahnya lonjong, ketika muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna merah. Akarnya tunggang, memiliki warna putih pucat.

Kandungan cabai jawa yaitu : Buah, daun, dan batang mengandung alkaloida, saponin dan polifenol. Disamping itu, buahnya juga mengandung minyak atsiri, zat pedas piperine, palmitic acids, tetrahidropiperic acids dan lain-lain.



selain memiliki kandungan kimia, Tumbuhan ini memiliki kegunaan yaitu : membersikan rahim dan demam setelah melahirkan, menyembuhkan batuk, gangguan pencernaan, bronkhitis, ayan, menguatkan paru-paru, lambung, jantung, liver dan mengobati sakit gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....