Senin, 05 Juni 2017

KEANEKARAGAMAN FLORA DI INDONESIA


Luas wilayah daratan Indonesia hanya 1,23% darin seluruh daratan dunia. Namun, keanekaragaman hayati flora yang dimiliki Indonesia mencapai 11%  dari spesies flora yang ada di bumi. Floradi Indonesia termasuk dalam kawasan flora Melanesia. Melaneisa merupakan suatu daerah luas yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, dan kepulauan Solomon. Sumatra dan papua juga sangat kaya jenis tumbuhan. Adapun hutan di jawa, Sulawesi, Maluku, dan kepulauan Sunda mempunyai keanekaragaman tumbuhan yang lebih rendah.

Hutan di daerah Melanesia memiliki kurang lebih 248.000 spesies tumbuhan tingkat tinggi. Hutan ini didominasi oleh pepohonan dari familia Dipterocarpaceae, yaitu pohon yang memiliki biji bersayap. Tumbuhan yang termasuk familia Dipterocarpaceae diantaranya sebagai berikut :
  1. Meranti ( Shorea sp)
  2. Keruing ( Dipterocarpus sp)
  3. Ramin (Gonystylus bancanus)
  4. Pohon kapur ( Dryobalanops aromatica)
Shorea spSebagian hutan di Indonesia merupakan bioma hutan hujan tropis. Hutan ini bercirikan adanya pepohonan berkanopi rapat dan banyak tumbuhan liana (tumbuhan yang tumbuh merambat). Tumbuhan yang mendominasi hutan ini diantaranya sebagai berikut :
  1. Durian ( Durio zibethinus)
  2. Mangga ( Mangivera indica)
  3. Sukun ( Artocarpus communis)
  4. Rotan ( Calamus sp)
Keempat jenis tumbuhan tersebut banyak terdapat  atau tersebar di pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di Indonesia juga ada tumbuhan endemik. Tumbuhan endemik yaitu tumbuhan yang hanya ada di daerah tertentu. Contoh tumbuhan endemik Indonesia yaitu Rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan endemik di Sumatra barat, Bengkulu, dan Aceh.
Rafflesia arnoldi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....