Rabu, 14 Juni 2017

SEJARAH DAN KHASIAT MINUMAN TEH

  • DEFINISI TUMBUHAN TEH
  • Teh adalah minuman yang mengandung kafeinasebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daunpucuk daunatau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panasTeh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompokteh hitamteh oolongteh hijaudan teh putih.
  • SEJARAH TANAMAN TEH 
Negeri Tiongkok menjadi tempat lahirnya tehdisanalah pohon teh Tiongkok (Camellia sinensisditemukan dan berasalTepatnya di provinsi Yunnanbagian barat daya CinaIklim wilayah itu tropis dan sub-tropisdimana daerah tersebut memang secara keseluruhan adalah hutan zaman purba.
Teh Cina pada awalnya memang digunakan untuk bahan obat – obatan (Abad ke-8 SM), itupun sudah berumur ribuan tahun riwayatnyaOrang – orang Cina pada waktu itu mengunyah teh (770 SM – 476 SMmereka menikmati rasa yang menyenangkan dari sari daun tehTeh juga sering kali dipadukan dengan ragam jenis masakan dan racikan dalam soup.
Pada zaman pemerintahan dinasti Han (221 SM – 8 M), teh mulai diolah dengan pemrosesan yang terbilang sederhana, dibentuk membulat, dikeringkan dan disimpan, teh mulai dijadikan sebagai minuman, teh diseduh dan dikombinasikan dengan ramuan lain (misalnya : jahe) dan kebiasaan ini melekat kuat dengan kebudayaan masyarakat Cina. Lebih jauh lagi, teh kemudian digunakan sebagai tradisi dalam menjamu para tamu. Setelah zaman Dinasti Ming, banyak ragam jenis teh kemudian ditemukan dan ditambahkan, teh yang populer nantinya ini banyak dikembangkan di daerah Canton (Guangdong) dan Fukien (Fujian).
  • ANEKA JENIS MINUMAN TEH
1. TEH TARIK 
Teh Tarik adalah sebuah minuman manis berupa teh dicampur susu yang lazim ditemukan di Asia Tenggara, Khususnya Malaysia. Minuman teh ini jugau ditemukan di Indonesia seperti di Riau, Kepulauan Riau dan Aceh. Dan cara penyajiannya yaitu teh dan susu di tuangkan di udara antara dua cangkir, dilakukan secara terus-menerus sampai mencapai tekstur yang kaya dan berbusa.
2) TEH TALUA ATAU TEH TELUR
Teh Talua ini adalah Minuman Khas Sumatra Barat yang merupakan Menu wajib di warung Tradisional Maupun Restoran Padang. Minuman ini terdiri dari Campuran Teh, Gula, dan Telur dan sedikit Perasan Jeruk Nipis. Telur yang biasanya digunakan adalah Telur Ayam Kampung. Cara penyajiannya yaitu Mengocok Telur ayam kampung atau Telur bebek serta dicampur dengan sedikit gula dan susu hingga berbusa, selanjutnya seduh dengan Air Teh panas dan jangan lupa beri sedikit Perasan Jeruk Nipis.
3) TEH POCI
Teh Poci adalah Teh yang diseduh secara Khas dalam Poci dan Cangkir dari Tanah Liat. Minuman ini ditambah dengan gula batu dan diminum saat masih panas. Minuman ini diminati Masyarakat Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes dan sekitarnya. Cara Penyajiannya yaitu siapkan Poci dan Cangkir, masukkan tehnya kemudian seduh dengan air hangat.
4) TEH MELATI
Teh Melati adalah Minuman teh yang diramu dengan bunga melati. Minuman ini berasal dari Zaman Dinasti Song (960-1279 M). Biasanya teh melati ini dibuat dengan bahan dasar Teh Hijau atau Teh Putih. Teh Melti ini akan mengeluarkan Wangi bunga melati saat diseduh, daunnya berbulu halus tipis dan saat diseduh ke dalam cangkir terasa lebih Lembut.
5) TEH BUNGA ROSELLA
Teh Rosella adalah salah satu minuman yang dibuat secara herbal, alami, dan tradisional dari bunga kering Rosella. Teh Rosella mengandung vitamin B2, B1, D, dan C sekaligus mengandung Zat besi, Kalsium, Omega 3, Beta Karotin, Protein dan Asam amino Essensial.
 Lima Khasiat dari Teh Rosella :
  1. Melindungi dari Infeksi
  2. Menghambat Tumbuhnya Kanker
  3. Memperkuat pembuluh darah
  4. Menurunkan kolesterol dalam darah
  5. Mencegah penyakit jantung dan stroke
  • MANFAAT DARI MINUMAN TEH BAGI TUBUH 
  1. Menjaga Kesehatan Mata
  2. Membantu Perawatan atau kesehatan Gigi
  3. Meningkatkan energi
  4. Mengganti sel yang rusak
  5. Kaya akan Antioksidan
  6. Meningkatkan imunitas tubuh 
  7. Menurunkan Kadar Kolesterol
  8. Membantu menyehatkan Jantung
Selain terdapat manfaat, Minuman teh juga dapat membahayakan bagi tubuh kita apabila dikonsumsi secara berlebihan.
  • DAMPAK NEGATIF DARI MINUMAN TEH

  1. Gigi tampak kusam dan keropos
  2. Menimbulkan sakit pada tulang dan persendian
  3. Memicu sakit maag
  4. Menyebabkan insomnia
  5. Menurunkan nafsu makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....