Senin, 12 Juni 2017

PROSEDUR MENGAKSES INTERNET



  
Internet merupakan salah satu sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Informasi tersebut dapat berbentuk teks, gambar, video, suara, animasi, hingga film. Mulai dari berita, hiburan, games, bahkan saat ini transaksi perdagangan juga sudah banyak menggunakan sarana internet. Semua itu dapat digunakan dengan sangat mudah dan efisien.

 Kita bisa mendapatkan informasi dengan cara mengunjungi dengan cepat dan mudah dengan melakukan browsing di internet. Browsing adalah kegiatan menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari informasi dengan cara mengunjungi sebuah Web browser.
 Web browser adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik, dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web disebuah situs di internet atau di jaringan lokal. 

A.   MENGENAL PERANGKAT LUNAK WEB BROWSER  

 Informasi yang ada di internet umumnya disajikan dalam bentuk halaman web (kependekan dari World Wide Web atau www). Halaman web ditulis dengan bahasa HTML (Hypertext Markup Language).HTML dibuat oleh Tim Berners Lee, ilmuwan European Laboratory for Particle Physics (CERN – organisasi penelitian 18 negara Eropa) di Geneva Swiss.
 Web dan HTML diperkenalkan pada Maret 1989 dan menjadi standar distribusi informasi melalui internet yang mampu menampilkan teks, obyek grafis, dan file multimedia. Dokumen HTML ini disimpan dalam komputer server Web sehingga dapat diakses oleh semua pengguna internet. Setiap halaman Web dapat diakses dengan menuliskan nama URL-nya (URL: Uniform Resource Locator). Untuk menerjemahkan dokumen HTML dibutuhkan perangkat lunak yang disebut browser. Kebanyakan situs Web dilengkapi dengan gambar, animasi, jendela-jendela pop-up, dan file multimedia yang lain. Browser yang baik harus dapat menampilkan keseluruhan isi Web dengan benar. 

 Software browser yang pertama kali dibuat adalah Mosaic yang dibuat oleh National Center for Supercomputing Application (NCSA) pada tahun 1994. Ada beberapa browser yang sering digunakan antara lain internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netcape, Safari dan Google Chrome. Browser yang paling banyak digunakan adalah Internet Explorer karena telah menjadi satu paket dengan sistem operasi Microsoft Windows. Browser ini cukup andal cepat, dapat dipakai dengan gratis, dan selalu tersedia dalam setiap komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Sayangnya banyak terdapat celah keamanan di dalamnya. 

1.    Internet Explorer


 Internet Explorer merupakan software browser buatan Microsoft Corporation, yang secara otomatis terinstal apabila kita Menggunakan sistem Operasi Windows.
 Kelebihan Internet Explorer yaitu konektivitas jaringan stabil, sedangkan kekurangannya, yaitu lambatnya proses browsing, download, dan upload file dari Internet. 

2.    Mozilla Firefox


 Mozilla Firefox merupakan software browser buatan Mozilla Corporation atau Mozilla Foundation. Mozilla firefox merupakan Web browser antarplatform yang bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan, yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah Web browser kecil, cepat, simple, dan dikembangkan.
 Kelebihan Mozilla Firefox, yaitu  mempunyai tampilanyang sederhana dan mudah digunakan, kecepatan akses Internet untuk browsing, download, dan upload sangat tinggi, adanya tab baru dalam satu jendela yang sama sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses beberapa situs sekaligus, serta mempunyai supported yang sangat tinggi dan keamanan yang cukup terjamin.

3.    Google Chrome 


Google Chrome Web browser dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering Webkit. Kelebihan Google Chrome yaitu adanya kecepatan, kestabilan dan keamanan dalam melakukan browsing, download, dan upload. Google Chrome dapat dijalankan pada sistem Operasi Windows, Linux, dan Mac Os.

4.    Opera


 Opera merupakan software browser buatan Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera merupakan software browser antarplatform yang terdiri dari kumpulan perangkat lunak Internet seperti penjelajahan web, serta perangkat lunak  untuk membaca dan mengirim e-mail.

 Kelebihan Opera, yaitu tampilannya terlihat cukup canggih dan modern, adanya menu tab baru dalam satu jendela, kecepatan untuk browsing, download dan upload cukup tinggi, dan dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Max OS X, Solaris, Free BSD dan Linux. Selain dalam bentuk browser, Opera juga dibuat untuk versi mobile yang dapat dijalankan pada telepon seluler dan PDA. Sedangkan kelemahan Opera antara lain sebagai berikut.
a)    Browser ini juga sering eror jika digunakan untuk menyimpan halaman.
b)    Browser ini agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
c)    Opera ini juga tidak bisa menerima format tertentu seperti XML.
d)    Adanya kesulitan ketika akan meng-update harus mendownload kembali file masternya.

B.   MENJALANKAN BROWSER

Bagaimanakah cara memulai akses internet? Tentu saja dimulai dengan memanggil atau menjalankan program browser. Sebelumnya, pastikan bahwa komputer terkoneksi dengan internet. Setidaknya ada tiga cara untuk menjalankan browser Internet Explorer, yaitu sebagai berikut.

1.    Melalui menu Start
a)    Klik start, sehingga muncul beberapa menu
b)   Pilih Program atau All Programs, lalu klik Internet Explorer
2.    Menggunakan ikon di Desktop, lalu klik ganda ikon Internet Explorer yang ada di Desktop.
3.    Ketik alamat website yang akan dituju, jika koneksi berjalan maka akan tampil halaman Web yang diinginkan.
Untuk membuka suatu website terdapat dua cara yang dilakukan, yaitu sebagai berikut.
a.    Pertama. Memilih menu File, kemudian Open maka akan ditampilkan jendela Open. Lalu masukkan alamat website yang anda inginkan. Misalkan https://www.detikcom.co.id, kemudian tekan tombol OK atau Enter, maka akan dimunculkan website tersebut.
b.    Kedua. Dengan memasukkan langsung alamat website-nya ke kotak address yang terdapat di jendela Internet Explorer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHASIAT PADA TANAMAN TEMULAWAK

Sejarah Temulawak Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)....